4 Strategi Marketing Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan Seller

Oleh : Dinar Dinasty

Tiktok sendiri adalam platform media social yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Dalam platform media sosial ini Tiktok mampu menyediakan berbagai fitur yang dimiliki seperti mengunggah video dengan durasi sampai dengan 3 menit dengan menggunakan tambahan musik dan berbagai filter yang tersedia.

Selain itu juga beberapa tahun ini sudah banyak yang memanfaatkan platform ini untuk melakukan jual beli produk, mempromosikan produk dengan penambahan “keranjang kuning” di setiap video hingga banyaknya tawaran diskon produk yang dibuat oleh para penjual. Sehingga sekarang ini banyak kita jumpai penjual di Tiktok yang berlomba-lomba membuat video promosi yang menarik, dan dengan penawaran diskon yang menarik juga.

Strategi tersebut cukup mampu menarik daya beli para calon customer sehingga penjualan mampu mengalami peningkatan. Namun, perlu kita ketahui dalam menarik customer melalui video promosi yang dibuat memerlukan beberapa strategi atau tips yang mampu berpotensi membuat konten kamu viral atau muncul di FYP (For Your Page), seperti beberapa tips dibawah ini :

  1. Konten yang Menarik dan Inovatif

Dalam menarik viewers Tiktok dengan jumlah yang banyak sangat penting untuk membuat konten yang menarik (eye catching), maksudnya yaitu ketika penonton baru saja melihat video yang kita buat muncul di FYP (For Your Page) mereka, itu membuat merka ingin menonton konten tersebut sampai habis.

Contohnya jika kalian ingin mempromosikan barang yang bergerak di bidang bodycare atau skincare, coba untuk tidak selalu terfokus dengan “hard selling” atau contohnya dengan hanya menunjukkan foto produk dan harga, tanpa pernah menjelaskan manfaat produk, tidak pernah menunjukkan testimoni dengan tujuan mampu meningkatkan customer trust, tidak pernah membuat konten tentang tutorial penggunaan produk, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video tentang beauty tips and trick, rekomen produk sesuai dengan budget, konten edukasi (misalnya pentingnya penggunaan sunscreen). Konten penjualan yang dibuat tidak harus selalu menunjukkan bahwa akun kamu hanya menjual suatu produk, tetapi juga dikenal sebagai akun yang mengedukasi viewersnya. Hal tersebut tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri  bagi followers dan pengguna Tiktok lainnya. Dan dengan membuat konten yang beragam (mengedukasi  dan inovatif) akan membuat viewers kamu tidak selalu jenuh akan konten yang dibuat.

  1. Posting Konten Secara Berkala

Memposting konten secara berkala dapat meningkatkan jumlah followers, karena dengan itu viewers kamu akan selalu mendapat infromasi terbaru. Dengan catatan konten yang dibuat berkualitas, menarik, dan tidak terlalu menunjukkan “hard selling” agar tidak terkesan kamu terlalu berjualan.

  1. Gunakan Audio yang Sedang Viral

Audio menjadi salah satu aspek penting bagi Tiktok. Penggunaan audio yang sedang viral mampu meningkatkan viewers suatu konten dan membuat konten lebih mudah muncul di FYP (For Your Page) karena konten yang kamu buat tidak ketinggalan zaman dengan apa yang sedang trending.

  1. Manfaatkan Afiliasi Tiktok

Afiliasi tiktok sendiri adalah program afiliasi yang disediakan Tiktok untuk memghubungkan para penjual dengan afiliator. Dan dengan adanya tren afiliasi Tiktok sangat memudahkan pemasaran yang mampu lebih banyak menjangkau pembeli, dengan begitu pendapatan yang kamu miliki akan jauh lebih meningkat dan produk yang kamu jual akan lebih banyak dikenal orang dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *